Selamat Datang :) ,,
Diposting ini kita akan melanjutkan tutorial dari Part 1 yaitu Tutorial "Your First Game" (Part ke 2) ,,, untuk melihat Part ke 1 silahkan klick disini!
Oke kita lanjutkan !!
Pada object obj_apple kita akan menaruh Event Create ,, Apa gunanya Event Create ? (klick disini)
jika sudah tahu , maka kita akan membuat aksi pada Event Create ini ; aksi yang di taruh adalah Aksi (sub-event) Move speed , yaitu sub event yang membuat aksi , yaitu membuat object berjalan pada satu arah,, lihat gambar dibawah untuk pembuatan Sub-event :
( 1 ) Klik kiri dengan tekan dan
tahan pada Icon yang dilingkari
( 2 ) Terus tekan dan geser mouse ke
bagian nomor 2 dan lepas klik
Kanan nya.
Selesai :) ,,
Jika kalian berhasil membuat sub-event Move Speed, maka secara otomatis akan keluar Window pada Game Maker , seperti gambar berikut :
Sub Event Move Fixed (by Game Maker) |
Tampilan window ini adalah aksi yang dapat kita edit untuk memberikan secara detail aksi yang dilakukan saat Instance baru dibuat (karena sub-event ini ditaruh di Event Create) ,,
Pada Direction :
klick semua arah sudut (terkecuali yang ditengah).
sudut yang berhasil di klick akan berwarna merah,
Pada Speed : isi dengan huruf 8 (ini adalah kecepatan instance saat bergerak).
Dan centang Relative (ini bertujuan agar nilai X dan Y pada instance bertambah/berkurang namun tidak berpindah).
Jika sudah , Tekan OK pada window ,, dengan begitu Sub-Event berhasil dibuat.
pengaturan ke 9 arah diatas bermaksud dalam pengacakan sebuah arah...jika lebih dari satu tombol yang dimaksud dari 9 tombol diatas, maka dari arah-arah yang dipilih akan dipilih lagi secara acak oleh game ,,jika satu arah akan terpilih , aksi yang dilakukan adalah perpindahan ke arah yang terpilih dengan kecepatan pada nilai Speed (lihat digambar) yang di tulis.
nah jika sudah mengerti tentang sub-event diatas , maka kita akan menuju ke Event selanjutnya yaitu Collision Event. seperti yang tertulis pada posting kemarin (klik disini untuk melihat), Collision Event adalah event yang aktif dengan hubungan 2 Instance,, nah karena baru satu Object yang kita buat maka kita akan buat object yang digambarkan sebagai pembatas/tembok dalam game ,,
Buat Object kedua dengan nama obj_wall , dan dengan sprite spr_wall tentunya ...
setelah itu kembali lagi ke obj_apple dan tambahkan Event (Ingat yang ditambah obj_apple bukan obj_wall ) , tentu saja Event nya adalah Collision Event :) ...
Add Event pada obj_apple , klik Collision dan pilih obj_wall sebagai insteraksi object...
jika belum paham , silahkan lihat gambar :
1. Menambahkan Event dengan klik Add Event.
2. Memilih Event (kita akan membuat Collision
Event, jadi kita akan memilih Collision Event)
3. Game Maker memberikan pilihan yaitu Object
Object yang ada digame kita,, kita akan
Memilih siapa yang akan
berinteraksi/bertabrakan dengan Object
obj_apple. karena kita akan membuat
penghalang obj_apple maka kita akan
tembok , dengan berarti kita akan memilih
obj_wall karena fungsi obj_wall adalah
sebagai tembok.
Jika kita sudah berhasil membuat Event Collision pada object obj_apple , maka kita akan membuat aksi jika obj_apple bersentuhan atau bertabrakan dengan obj_wall.
Tambahkan Action Bounce pada obj_apple , gambar Icon Action Bounce ini dapat dilihat pada gambar disamping...
jika ketemu , tambahkan Sub event ini ke Collision Event.
(caranya sama seperti saat menambahkan Action pada Create Event).
Tidak perlu diedit pengaturannya, biarkan dalam pengaturan default.
jika sudah maka kita akan membuat Event lagi di object yang sama (obj_apple). Event yang ditambahkan adalah event Mouse Left Pressed , dengan cara Klik "Add Event" > lalu klick pilihan "Mouse" (icon bergambar mouse) > lalu pada pilihan pilih
"Left Pressed".
nah,, setelah Event berhasil dibuat , selanjutnya tambahkan Aksi pada Event. Aksi yang dibuat adalah Aksi "Jump To Random" (digambar , lihat pada bagian -Jump- , dan selanjutnya lihat Icon yang berada paling kanan, yang bergambar lengkungan panah serta tulisan "X" dan "?") ,,, jika kamu sudah menemukannya maka tambahkan Aksi tersebut ke Event yang baru dibuat (Event Left Pressed). seperti Action Bounce, Aksi ini juga tidak perlu mengedit valuenya .
Apa gunanya aksi tadi? ,, aksi tadi adalah aksi yang membuat Instance berpindah tempat pada room secara random , dan dengan Event Left Pressed tadi , maka Aksi ini hanya terjadi jika kita menekan Instance dengan klik kanan (pada sprite Instance).
Jika sudah mengerti dan ingin melanjutkan. silahkan Save dahulu project yang kita buat , supaya hal-hal buruk tidak membuat kita menyesal.
selanjutnya apa yang kurang ya dalam game?,, Yap!! apalagi kalau bukan Score, betapa bosannya jika sebuah game tidak membuat Score sebagai penilai skill pemain. Sip ,,tidak berlama-lama kita akan membuatnya;
pada event yang sama/tadi (Left Pressed), tambahkan Aksi baru , caranya adalah pilih/buka dahulu Tab label score Aksi (paling samping kanan window Object) ,, setelah ketemu maka cari sub-event "Set Score" dan tambahkan kedalam Event.
Jika tidak menemukan Aksi "Set Score" ,lihat gambar dibawah :
Dan jika Window pengaturan aksi Set Score terbuka, isi New Score = 50 , dan jangan lupa Centang Relative (sebagai contoh pemain berhasil mengklik buah , maka Score makin bertambah).
Oke, aksi dalam obj_apple sudah diisi.
Selanjutnya kita akan membuat Room pada Game. lebih baik kita save lagi project kita , dan berarti kamu sudah dapat mengerti cara membuat Aksi pada Event yang disediakan dari Game Maker,,,
Tersedia [O]
______________________________________________________________
>>> Melanjutkan ke part selanjutnya >>>
menuju ke :
Message :
"Untuk partisipasi kawan-kawan , saya harap kalian dapat berkomentar tentang Posting-posting yang telah dipublikasikan oleh Blog ini... sebab partisipasi kalian adalah nomor 1 bagi penulis.
(Saya tidak repost dan rewrite ,sebab semua tulisan ini dari pengalaman saya sendiri)
Kritik saya jika ada rangkaian kata ,kesalahan penulisan , atau hal-hal yang membuat blog ini tidak baik dalam segi apapun, Kritik anda sangan bermanfaat untuk saya. Terima Kasih,"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar