Game Maker adalah Game Engine yang dibuat oleh Mark Overmars tahun 1999.
Kali ini kita akan mempelajari tools dan kegunaan dari masing-masing fungsi ikon yang disediakan oleh Aplikasi Game Maker ini.
Bagi yang belum mempunyai aplikasinya silahkan pergi ke Posting ini dan klick downlodnya (agar lebih pasti) atau download langsung dengan klick disini.*pilihnya yang Game Maker*
Oke kita mulai...
Halaman Awal
Inilah halaman awal Game Maker ,,saya akan menerangkan kepada teman sekalian fungsi satu-persatu icon dan dari game maker. dimulai dari icon yang bergambar kertas putih.
- Icon bergambar kertas putih itu fungsi nya adalah untuk "Create New Game" atau membuat kerja lembar baru. sama seperti aplikasi lain yang menggunakan Icon tersebut.
- Icon tersebut berfungsi untuk membuka Project game yang telah kamu simpan sebelumnya , secara default file yang dapat dibuka oleh Aplikasi ini adalah file yang berformat *.gmk .
- Save The Game , itulah maksud singkat untuk Icon bergambar disket berwarna biru , icon ini digunakan untuk menyimpan project kamu menjadi file *.gmk ,, namun jika file yang kamu simpan sudah ada di dalam direktori maka file *.gmk yang sebelumnya tidak terhapus, melainkan filenya berubah menjadi format *.gb1 , mengapa? file ini adalah file yang mungkin menolong User untuk tidak menyesali perbuatannya dalam menyimpan file.
- Gambar Icon keempat berfungsi untuk menjadikan project kita menjadi file *.exe, apakah itu file *.exe ? file *.exe adalah file aplikasi extension atau executable yang dapat peng-eksekusi sebuah program ,,jika project kita sudah dijadikan *.exe berarti untuk menjalankan project kita yang sudah menjadi *.exe tidak perlu bantuan aplikasi Game Maker lagi, melainkan langsung dapat dibuka :) .
- Gambar arah kekanan berwarna hijau itu adalah Icon untuk menjalankan project yang telah kita buat.
- Sama seperti Icon no.5 ,Icon yang berwarna merah ini berfungsi untuk menjalankan project juga , Tapi... dengan status Debug Mode ,, apa itu debug mode ? debug mode adalah proses memonitori eksekusi seperti menghentikan, mengecek, menampilkan informasi , me-restart eksekusi yang dilakukan oleh program tersebut.
- Gambar yang menurut saya Pacman berwarna merah itu adalah Icon yang berfungsi untuk membuat Sprite yang akan kita gunakan dalam project kita, apa itu sprite? sprite adalah sebuah gambar atau animasi 2d yang akan digunakan dalam project , seperti gambar karakter menyerang ataupun berjalan.
- Icon bergambar "toa" tesebut adalah icon yang berfungsi untuk membuat sound yang akan kita ambil dari dalam komputer kita,, Game Maker men-support sound file berformat *.wav, *.mid , dan *.mp3 ..
- Icon no.9 adalah icon yang berfungsi untuk membuat background pada project kita, hampir serupa dengan sprite ,namun Background tidak mendukung gambar beranimasi ,lalu apa kelebihannya? , dalam Game Maker khususnya pada room , Background adalah hal yang tidak dapat dihilangkan dari game, Background Room hanya dapat ditampilkan dari gambar background ,tidak dari sprite.
- "Create an object"/"Membuat Object" adalah fungsi icon bergambar bola biru diatas,,
Apa itu Object? Object adalah hal yang paling penting dalam pengeksekusian sebuah program yaitu project kita (sebagai pengolah script atau peng-aksi) , kegunaan object sangatlah besar ,atau dalam gambaran saya object itu adalah manusia yaitu adalah sang pengolah. jika dalam room tidak ada object apapun maka room itu hanyalah kertas kosong yang tak dapat berubah apa-apa... - Icon bergambar kotak putih adalah Icon yang berfungsi untuk membuat Room pada project kita, untuk nge-run project kita pada Game Maker, diperlukan Room minimal satu untuk dijadikan Room awal pada game. apa itu Room? , Room dalam bahasa indonesia artinya ruangan , dalam sebuah game , untuk mengeksekusi sebuah program (project kita) diperlukan adanya sebuah tempat/ruangan untuk menampung hal-hal yang mungkin akan dikerjakan oleh program (script, penampilan gambar dan sebagainya) , nah tempat/ruangan itulah adalah fungsi dari Room.
- Icon yang bertuliskan "i" didalam sebuah lingkaran itu adalah Icon yang berfungsi untuk mengedit atau mengganti isi Informasi game kita, Informasi game adalah sebuah Text yang akan ditampilkan saat game di-run ,, secara default game akan menampilkan Informasi game kita jika User menekan tombol "F1" pada saat game dijalankan , tidak hanya harus dengan tombol "F1" ,,kita dapat membuat aksi penampil Informasi Game dengan script atau Aksi dalam Object.
- Icon berdeskripsi "Change the global game setting" ini adalah Icon yang berfungsi untuk mengatur setting dalam game ,sebagai contoh untuk mengatur status layar game kita saat mulai (fullscreen atau tidak) ataupun mengatur Icon game kita :) .
- Icon bertuliskan tanda tanya adalah Icon yang berfungsi untuk membantu kita dalam memakai Game Maker, jika kalian ingin mengetahui fungsi-fungsi dalam game maker, silahkan pilih Icon tersebut dan search pada tab Search ,, namun fitur "Help" ini mungkin hampir tidak membantu User dalam masalahnya ,,tetapi untuk mendapatkan refrensi dan pengertian dasar dari Game Maker , mungkin anda dapat membukanya sebagai pelatihan otodidak :) .
Oke , sampai disini dulu penjelasan singkat tentang fitur-fitur yang ada dalam game maker,
Semoga Posting ini bermanfaat untuk anda ,
Terima Kasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar