Search:

Minggu, 11 Mei 2014

Game Maker : Basic Tutorial Part 6 (Your First Game) [Indonesia]

Selamat Datang ,, bagi yang mengikuti tutorial Game Maker Your First Game dari part 1, ini sudah ke-6 kalinya saya mengatakan Selamat Datang ^_^ ..

Pada part ini kita sudah membuat game dengan bagus dan tersusun, namun tentu saja masih ada kekurangan dari sisi Game Play, yaitu kerumitan atau difficult dalam Game yang kita buat. oke, bagi yang belum membaca part sebelumnya, silahkan klik disini.
oke kita lanjutkan tutorialnya!.. bocoran sedikit , Tutorial ini akan berakhir dipart 7, dan tentu saja game sudah terisi dan dapat dimainkan, dan boleh saja kalian ber-experimen atau berkreasi dengan selera game kalian (mau kerjain pemain atau memudahkan pemain) . Namun untuk sekarang seperti yang saya katakan sebelumnya , bahwa kita akan membuat game menjadi lebih sulit, Bagaimanakah caranya?, pertama-tama yang harus kita ketahui adalah apa yang harus kita buat.

Yap!, membuat obj_bomb bertambah jumlahnya diroom setiap waktunya. kita sebenarnya membutuhkan Object baru untuk melakukan aksi tersebut, untuk apa?. inilah yang akan menghadirkan Object Control pada game, Object Control yang dimaksud adalah object yang berkerja dan beraksi dibelakang room, dengan kata lain, object ini diasumsikan tidak membuat Visual pada game (untuk advance , object ini digunakan untuk mengakses script saja, kadang digunakan untuk mengoprasikan nilai variable, kadang digunakan sebagai otak Room. tergantung karakteristik Programmer dalam membuat program).

Oke... karena sebenarnya kita tidak perlu membuat object baru, sebab kita telah membuatnya.
pertanyaan muncul : "Apa? Dimana? Kapan?" , saya akan menjawab "object music (obj_music)" ^_^ ..

Ya, itulah object control yang sebenarnya sudah kita buat, karena kita sudah membuatnya, dengan berarti kita akan menaruh aksi baru pada object tersebut (obj_music). Apakah aksinya?, yap aksinya adalah Set Alarm. kita dapat menemukannya di tab "main2" dibagian Timing tepat disamping action "zZz" ^_^ .

kita taruh Action tersebut di obj_music dan Event Create (sebelumnya sudah kita buat kan?), lalu kita Drag&Drop dan Yap! akan muncul Window pengaturan actionnya, sebelum kita mengatur action tersebut, silahkan klik Link berikut, (lihat pada penjelasan Event Alarm).

kalau sudah dibaca , maka kita akan menemukan maksud dari apa yang ingin kita buat,, dan tentu saja kita akan membuat Hitungan mundur ^_^ yaitu waktu hitung mundur pada saat obj_bomb dibuat, sebagai contoh kita akan membuat pembuatan obj_bomb setiap 2 detik , karena Game kita 1 detik = 30 step, maka kita akan menulis Value sebesar 60. jadi setiap 2 detik obj_bomb dibuat dan berulang seterusnya.

Dan untuk "in alarm no" sebaiknya biarkan valuenya Alarm 0 , sebab dengan begitu kita akan menggunakan Event Alarm 0.

untuk hasil pengaturannya bisa dilihat seperti gambar disamping.


Selanjutnya adalah menaruh Action saat Event Alarm 0 yang sudah kita tentukan waktunya. dengan cara klik "Add Event" lalu pilih Alarm dan pilih lagi Alarm 0, dengan begitu kita akan membuat Event Alarm 0 ^_^ ,, seperti gambar dibawah ini :

jika sudah. maka kita akan membuat Action pada Event yang tadi kita buat, seperti yang saya katakan sebelumnya event ini akan aktif jika waktu telah habis.

Action yang akan kita buat adalah Action membuat Instance baru (yaitu obj_bomb) dan Action menjalankan penghitung mundur lagi.

untuk Action membuat Instance baru bisa ditemukan di tab "main1" dibagian Object dan berada pada pojok kiri-atas. jika ketemu, silahkan tambahkan Action tersebut ke Event Alarm 0 tadi.

pada Action tersebut atur value menjadi :
object : obj_bomb,
x : 0
y : 0

jika sudah maka klik OK ..
dan kita akan memulai Game Kita (dan jangan lupa untuk budayakan Save Project , dengan begitu kita akan Save Project)

Bagaimana hasilnya?. pasti ada kendala ^_^ yap, obj_bomb dibuat dengan letak yang salah, dari hasil yang kita inginkan adalah obj_bomb diletakan secara random (acak).
oke, dengan begitu apa yang harus kita tambahkan?..

Selama kalian melakukan Tutorial ini, pernahkah kalian membuat Action yang membuat letak object berpindah secara acak?... hihihi,, Yap! saat kita mengklik buah,, dan apakah Action itu?  jawabannya adalah

Jump To Random, yap saya akan menampilkan gambar untuk membuat Action ini :

  1. buka window obj_bomb
  2. kita akan membuat aksi saat obj_bomb dibuat , oleh maka itu kita akan memilih Create event.
  3. Buat Action baru , bisa dilihat gambar disamping apa Actionnya. (di tab Move > bagian Jump > namanya Jump To Random (bergambar X dan ?)
  4. jika sudah biarkan kedua value bernilai 0 , pada pengaturannya. dan Klik OK.


Bagaimana? Mudah kan?..
sekarang kita akan play lagi Game kita, dan lihat hasilnya ^_^ (oh ya, budayakan Save Project! )

Oke! BERHASIL dong? ^_^
lalu apa yang kurang?.. tidak sadarkah kalian bahwa object buah hanya 1 macam?,, padahal kita sudah disiapkan bermacam-macam sprite buah dari Game Maker, dan sprite itu bukan hanya Apel saja.. oke , tidak berlama-lama, kita akan membuat lebih banyak buah!

Kita sudah mengetahui bagaimana cara membuat sprite, mengambil gambar dari komputer, membuat object.
kalau begitu sebagai contoh kita akan membuat object buah baru yang kita asumsikan sebagai buah yang memiliki nilai score yang lebih tinggi, dan tentu saja menaikan kerumitan dalam mengambil (meng-klik) buah ini. dan buah yang kita pilih adalah PISANG. mengapa? karena dari sekian sprite yang disediakan , menurut saya sprite yang paling "langsing" adalah sprite pisang ^_^ hehehe...

oke pertama-tama kita buat sprite pisang dan kita Load Image sprite pisang, di Folder namanya banana.png . oke, jika sudah ketemu maka kita upload dan selanjutnya kita ubah namanya menjadi spr_banana lalu klik OK tanda sudah selesai.

Lalu bagaimana kita membuat object nya? apa harus sama dengan obj_apple? jika "iya", mungkinkah ada cara mudahnya ? ,, hihihi,, cara mudah lagi , cara mudah lagi .... tenang! cara mudah itu benar-benar ada ^_^

yaitu dengan cara klik kanan obj_apple dan pilih "Duplicate" ..

oke dengan begitu akan ada object baru yang bernama default ( kalau saya namanya object4 ) , agar mudah kita akan mengubahnya dengan nama obj_banana , dan juga ubah spritenya menjadi spr_banana.

Oh ya... dan jangan lupa untuk mengubah Speed (gerak) object, yaitu pada Event Create, di action "Start Moving in a direction" , ubah speed nya, kalau saya valuenya bernilai 12 (50% lebih cepat).

Dan Jangan lupa pada Event Left Pressed , tepatnya di Action set Score, bisa kalian ubah sesuai keinginan, sebagai contoh saya akan menaruh nilai 100 (2 kali lebih besar).

Oke , kalau begitu kita akan memulai game. jangan lupa untuk disave Project nya ^_^..

Bagaimana? ada perubahan?, apakah pisangnya ada?.. kok bisa tidak ada?
hihihi... ya iyalah sebab obj_banana yang kita buat belum kita taruh di Room,, lupa ya... ^_^
karena kita sudah tahu letak salahnya, mari kita fix dengan menaruh obj_banana pada room (sebagai contoh saya menaruh 2 pisang) , jika sudah maka kita mulai game nya kembali, dan jangan lupa untuk meng-save gamenya ..

Yap,, kita akan menambahkan lebih banyak buah lagi, sama seperti pisang. sprite yang disediakan Game Maker adalah Cherry dan Strawberry..

untuk pisang dan strawberry saya mempunyai perubahan Speed dan hasil Score :
_____________________
Cherry________________
Speed : 10 (25% lebih cepat)
Score : 75
Jumlah pada Room : 4
_____________________
Strawberry____________
Speed : 9 (12.5% lebih cepat)
Score : 60
Jumlah pada Room : 6
_____________________

dan jangan lupa untuk mengubah jumlah Apel pada Room menjadi 8 (agar lebih banyak)

oke, dengan begitu kita sudah berhasil membuat Buah lebih banyak , saya menghasilkan hasil seperti berikut :




Apakah kalian mempunyai hasil yang sama?,, mudah-mudahan lebih bagus ya ^_^ ..

Oke karena saya tulis dari awal bahwa Tutorial ini mencapai Part 7 , maka sampai bertemu lagi di part selanjutnya! ^_^
Semangat!!

Belum Tersedia [X]
_________________________________________________
----- Melanjutkan ke part selanjutnya---------
menuju ke :
http://d-cgen.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar