Search:

Senin, 19 Mei 2014

Game Maker : draw_sprite() Function [Indonesia]

Hallo , kali ini saya akan menjelaskan function draw_sprite() di Game Maker dengan bahasa indonesia. dari namanya ,kalian pasti sudah tahu apa kegunaannya.

"draw" yang artinya gambar (bukan 'seri' ^_^) dan "sprite" yang artinya sprite.

dengan begitu kegunaan function draw_sprite() adalah menggambar sprite ^_^.
Tapi bagaimana cara menggunakannya?
Disini lah saya akan menjelaskan cara menggunakannya ^_^


draw_sprite(sprite,subimg,x,y);

Parameter :
  • sprite = nama sprite yang ingin di-draw/digambar (integer) ,
  • subimg = nomor index dari sprite , ini lebih digunakan untuk sprite yang memiliki beberapa frames, jika sprite hanya memiliki 1 frame, maka valuenya adalah 0 (int),
  • x = letak kordinat x gambar pada room, dan
  • y = letak kordinat y gambar pada room.
draw_sprite(walkleft_spr,0,100,100)

maksud dari function diatas adalah kita ingin menggambar sprite walkleft_spr di kordinat room (100,100)

Sub Image / subimg

Dulu waktu saya pertama kali menggunakan draw_sprite() hal yang saya sangat tidak memperdulikan adalah parameter subimg ini, pada saat itu saya tidak pernah mengeksploitasi kegunaan subimg , padahal subimg ini sangat berguna pada sprite animasi. jika Game Maker meminta value dari subimg , saya selalu tulis '0'. karena menurut saya memang harus 0.
Tetapi saya salah, subimg ini mempengaruhi tampilan sang sprite, jika sprite memiliki lebih dari 1 frame, maka subimg harus dapat kita isi dengan benar , sebab draw_sprite() akan men-draw/menggambar frame pertama atau kedua, itu menurut value dari subimg.
seperti contoh pada engine berikut :

5 FPS; (fps=5)
subimg = 0
disini saya menggunakan sprite dengan 4 gambar :
1. gambar warna merah,
2. gambar warna kuning,
3. gambar warna hijau,
4. gambar warna biru.

dan 4 gambar itu adalah frames pada sprite yang saling berurutan.
kalian dapat melihat hasil gambar jika subimg nya diubah,
Dan catat juga, jika value pada subimg adalah -1 , maka gambar tidak tetap pada frames itu, tapi berganti-gantian setiap step (ini berlaku untuk sprite yang memiliki frame lebih dari 1).
untuk itu image_index sangat berperan penting dalam menggambar sprite ber-animasi.


Umumnya di eksekusi dengan Draw Event

Yap, draw_sprite ini umumnya dieksekusi di Draw Event, karena function ini termasuk function drawing
dengan begitu jika Draw Event ada pada object maka gambar sprite_index akan hilang (tidak digambar) , dengan begitu agar imgind atau gambar asal object tidak hilang maka tulis script berikut di Draw Event.

// Script Lainnya

draw_sprite(sprite_index,image_index,x,y)

// Script Lainnya

Selesai

Oke , sudah selesai bukan penjelasan untuk Function draw_sprite() ?


Silahkan komentar atau bertanya mengenai function draw_sprite(), saya akan menjawabnya dengan tuntas ^_^
Good Luck~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar