"draw" yang artinya gambar (bukan 'seri' ^_^) dan "sprite" yang artinya sprite.
dengan begitu kegunaan function draw_sprite() adalah menggambar sprite ^_^.
Tapi bagaimana cara menggunakannya?
Disini lah saya akan menjelaskan cara menggunakannya ^_^
draw_sprite(sprite,subimg,x,y);
Parameter :
- sprite = nama sprite yang ingin di-draw/digambar (integer) ,
- subimg = nomor index dari sprite , ini lebih digunakan untuk sprite yang memiliki beberapa frames, jika sprite hanya memiliki 1 frame, maka valuenya adalah 0 (int),
- x = letak kordinat x gambar pada room, dan
- y = letak kordinat y gambar pada room.
draw_sprite(walkleft_spr,0,100,100)
maksud dari function diatas adalah kita ingin menggambar sprite walkleft_spr di kordinat room (100,100)
Sub Image / subimg
Dulu waktu saya pertama kali menggunakan draw_sprite() hal yang saya sangat tidak memperdulikan adalah parameter subimg ini, pada saat itu saya tidak pernah mengeksploitasi kegunaan subimg , padahal subimg ini sangat berguna pada sprite animasi. jika Game Maker meminta value dari subimg , saya selalu tulis '0'. karena menurut saya memang harus 0.
Tetapi saya salah, subimg ini mempengaruhi tampilan sang sprite, jika sprite memiliki lebih dari 1 frame, maka subimg harus dapat kita isi dengan benar , sebab draw_sprite() akan men-draw/menggambar frame pertama atau kedua, itu menurut value dari subimg.
seperti contoh pada engine berikut :
5 FPS; (fps=5)
subimg = 0
1. gambar warna merah,
2. gambar warna kuning,
3. gambar warna hijau,
4. gambar warna biru.
dan 4 gambar itu adalah frames pada sprite yang saling berurutan.
kalian dapat melihat hasil gambar jika subimg nya diubah,
Dan catat juga, jika value pada subimg adalah -1 , maka gambar tidak tetap pada frames itu, tapi berganti-gantian setiap step (ini berlaku untuk sprite yang memiliki frame lebih dari 1).
untuk itu image_index sangat berperan penting dalam menggambar sprite ber-animasi.
Umumnya di eksekusi dengan Draw Event
Yap, draw_sprite ini umumnya dieksekusi di Draw Event, karena function ini termasuk function drawing
dengan begitu jika Draw Event ada pada object maka gambar sprite_index akan hilang (tidak digambar) , dengan begitu agar imgind atau gambar asal object tidak hilang maka tulis script berikut di Draw Event.
// Script Lainnya draw_sprite(sprite_index,image_index,x,y) // Script Lainnya
Selesai
Oke , sudah selesai bukan penjelasan untuk Function draw_sprite() ?
Silahkan komentar atau bertanya mengenai function draw_sprite(), saya akan menjawabnya dengan tuntas ^_^
Good Luck~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar