Search:

Minggu, 08 Juni 2014

Game Maker : All about Surface Function [Indonesia]

Yap... update lagi posting tentang fungsi dari surface.

Apa itu surface di Game Maker ?.. ini adalah pertanyaan untuk orang-orang yang ingin mendalami sisi grafis pada game, khususnya di Game Maker ini...

Surface itu dari bahasa inggris, yang berarti Permukaan. Atau Latar yang dapat lebih dipahami.

Permukaan atau Latar yang dimaksudkan disini adalah sebuah Permukaan yang dapat kita atur sesuai kegunaan dari Surface tersebut..

sama seperti Sprite.. lalu apa bedanya?,, Sprite (dalam individual, atau itu sendiri) hanya dapat menampilkan Gambar atau Animasi yang sudah kita set sebelumnya.. (sudah tahu kan?)... lalu apa bedanya dengan Surface?

Surface (dalam individual juga) dapat menampilkan sebuah hasil Menggambar, yang sudah digambar sebelumnya, dengan begitu hasil Menggambar tersebut dapat diubah kapan pun.. karena sistem nya , Surface ini seperti Canvas.. dan proses penggambaran disurface itu sendiri adalah tiban meniban , atau timpa menimpa (warna ataupun gambar)..


seperti layak nya mewarnai dengan aplikasi Paint ^_^

dan aksi combine/ tiban-meniban dalam surface ini bisa dilakukan terus menerus , tidak dibatasi dalam 1 step.. sehingga hal inilah yang membedakan Surface dengan sprite :) ..

Secara basic/dasar , Surface ini hal yang harus dilakukan dahulu adalah mendeklarasikan variable/ nama surface nya..



nama_surface=surface_create(100,100)

sebagai contoh disini saya membuat Surface dengan width dan height 100 ^_^ .. (nama_surface is "surface_name" in bahasa indonesia) dan untuk melukis/menggambar pada surface yang sudah dibuat tadi , maka kita bisa menulis seperti script dibawah :

surface_set_target(nama_surface)
// script drawing : bisa kamu isi dengan gambar 
//(seperti menggambar pada event draw)
surface_reset_target()

surface_set_target() berguna untuk memulai dalam penggambaran atau penibanan gambar , ini bisa dilakukan dimana saja...

Dan ini lebih baik dilakukan sekali (jika sesuatu yang dilukis sama).. sebab sama seperti menulis.. saat kita menulis "A" pada kertas, maka 1 detik dan terus menerus tulisan "A" akan selalu ada dikertas tersebut.. begitulah gambaran simple tentang Surface ini ^_^ ..

surface_reset_target() berguna untuk menghentikan penggambaran, ini artinya kita sudah selesai menggambar atau meniban dengan gambar pada surface .. dan tenang saja , sebab arti kata selesai yang dimaksud bukan berarti surface sudah tidak dapat ditiban lagi, tetapi ini hanya untuk mengehentikan sementara... yaitu agar tidak mengganggu script-script lain karena kita sudah menulis surface_set_target() sebelumnya..

dan, tentu saja surface ini seperti Sprite dalam melakukan draw pada room, bedanya Surface didraw tidak menggunakan draw_sprite() ,, tetapi menggunakan draw_surface()..
dan perhatikan juga, sebab draw_surface() dilakukan sama seperti draw_sprite() di event Draw.

draw_surface(nama_surface,0,0)

Maksud diatas adalah saya mendraw surface dengan nama nama_surface dan diletakan di (0,0) pada room.

Oke , semoga tutorial kali ini berguna dan bermanfaat... silahkan komentar untuk bertanya tentang materi ini... untuk menguasai dalam menggunakan Surface ini, silakan tunggu posting selanjutnya.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar