Search:

Kamis, 12 Juni 2014

Game Maker : draw_text() Function [Indonesia]

Hallo kembali ^_^ ...
hari ini saya akan menjelaskan function dasar yang sering digunakan dalam output grafis pada Game kita .

yap! draw_text() ,, dari namanya kita sudah mengetahui bahwa draw_text() ("draw" : menggambar, "text" : text/tulisan) artinya adalah menggambar text/tulisan ^_^ ..

Dari sini sudah paham? ayo lanjut!..

Pertama, function draw_text() ini adalah function output tampilan untuk menampilkan sebuah teks sederhana, kalau tidak salah dengan font "Arial" dan ukuran 13px. (Jika salah, silahkan komentar)... nah, karena ini adalah function untuk menggambar berarti Function ini default di execute di Event Draw..

Yap.. Event Draw :) ,, lalu bagaimana cara menuliskannya..

pertama bisa kita taruh di Event Draw seperti ini :

draw_text(0,0,"Hallo Dunia!");


"0,0" yang dimaksud adalah koordinat letak x dan y pada room,, jika saya menulis (0,0) dengan berarti letak gambar nya ada di ujung kanan-atas :) ..

dari syntax diatas telah diketahui bahwa function draw_text() ini memiliki persyaratan atas argument yang diberikan , yaitu :

draw_text(x,y,string)

  • x = letak x,
  • y = letak y, dan
  • string = tulisannya , dan biasanya ditulis dengan text (text itu adalah tulisan huruf yang berada pada simbol kutip) ^_^

String

Mengisi String dengan Integer/Bilangan (bukan text)
namun pada pengisian string , kita bisa mengisinya dengan angka atau tipe data integer (nilai/bilangan).

sebagai contoh :

draw_text(0,0,10000);

maka output yang dihasilkan adalah tulisan "10000" ^_^ ..

Kesalahan Operator saat mengisi Value String
namun jika kita menulis seperti ini :

draw_text(0,0,"nilai ="+10000);


maka hasil adalah error ^_^ ...


COMPILATION ERROR in code action

Error in code at line 1:

   draw_text(0,0,"nilai ="+10000)
                          ^

at position 20: Wrong type of arguments to +.


kenapa? karena kesalahannya bukan karena kita menulis bilangan ataupun text untuk pengisian string, namun itu terjadi disebabkan oleh kesalahan pada operatornya..

secara sederhana simbol "+" digunakan untuk menambahkan 2 buah nilai atau text,, seperti contoh ,1+1 atau pada text "saya "+"ganteng".. hal contoh tersebut seperti itu bisa dilakukan , namun akan salah fatal jika kita melakukan operator pertambahan pada text dan bilangan, seperti contoh diatas , "nilai ="+10000. ini tidak bisa dilakukan , mengapa? yap.. sebab text tidak bisa ditambahkan dengan bilangan ..

bagaimana cara untuk membetulkannya? .. pertama, yang kita ketahui bahwa kesalahannya adalah pada nilai integer yaitu 10000 yang tidak berbentuk text ,, dengan begitu, kita akan menjadikan nilai 10000 dengan function string().

dengan berarti akan menjadi,  "nilai ="+string(10000) ,, itu sama saja seperti : "nilai ="+"10000" ...

Yap! text dengan text , dengan begitu tidak akan terjadi kesalahan :) ..
berarti seharusnya agar tidak error.. function draw_text() yang kita tulis adalah seperti ini :


draw_text(0,0,"nilai ="+string(10000));


Selesai

Oke sepertinya cukup untuk menjelaskan function ini.. sampai ketemu di penjelasan selanjutnya! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar