Kali ini saya akan menjelaskan apa saja itu Function pada Drawing Sprite.
Pertama-tama, kita harus memahami object biasanya mempunyai Sprite sejati yang memang harus di draw..
tetapi tentu saja kita tahu bahwa sangat merepotkan jika kita hanya menggunakan object untuk draw sprite (menggambar sprite) saja. yap, kalau begitu kita akan menggeser peran sejati object itu sendiri. karena Object itu sebagai pelaku Aksi , dan bukan untuk menggambar sprite saja ^_^ .
yap dengan begitu object bisa menggambar sprite yang lain , dan Background untuk mengisi background pada Room. dan tentu saja hal itu dilakukan dengan beberapa Function yang dapat diakses secara default oleh Game Maker lalu dengan begitu kita akan dapat mengembangkan Peranan Object , Ialah sebagai pengendali dan pengatur Room ^_^.
Lalu apakah Function-Function untuk menggambar Sprite dan Background tersebut?. dari yang paling dasar saya akan menjelaskan :
- draw_sprite(sprite,subimg,x,y)
function ini berfungsi untuk mendraw sprite , ini adalah function Basic dalam menggambar sprite, dan tentu saja gambar yang dihasilkan apa adanya, tanpa perubahan bentuk atau lainnnya. namun tentu saja bisa diubah jika ada pengaruh dari function lain (contoh : draw_set_color() , draw_set_alpha() dan lainnya)
untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini. - draw_sprite_ext(sprite,subimg,x,y,xscale,yscale,rot,color,alpha)
function ini berfungsi untuk mendraw sprite (sama seperti draw_sprite() ) namun letak perbedaannya adalah, function ini lebih berguna dalam menggambar sprite untuk lebih bisa dikendalikan, dan pada argumentnya ada 9 dan harus masing-masing diisi, yaitu sprite , subimg , x , y , xscale , yscale , rot , color , alpha. dengan berarti function ini lebih berguna dalam menggambar sprite , yaitu merubah scale/ukuran, memutar , mengganti warna dalam gambar, dan men-set nilai transparant pada gambar (semakin kecil semakin transparant, dan bernilai dari 0-1).
untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini. - draw_sprite_stretched(sprite,subimg,x,y,w,h)
function ini juga berfungsi untuk mendraw sprite, namun lebih berguna dalam men-stretched atau meregangkan sebuah sprite :) .. pada parameter , w dan h digunakan untuk menstretched sebuah sprite, nilai w adalah lebar sprite dan h adalah tinggi sprite. (secara langsung , dengan berarti nilai yang kita masukan itu BENAR-BENAR nilai dari lebar dan tinggi sprite).
untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
- draw_sprite_stretched_ext(sprite,subimg,x,y,w,h,color,alpha)
function ini sama seperti draw_sprite_stretched() namun perbedaannya function ini adalah function lanjutan (ext) dan tentu saja lebih banyak pengaturan yang bisa dihandel.. pada parameter , ada pertambahan "color" dan "alpha" yaitu color untuk mengubah warna , dan alpha adalah untuk memberikan nilai besar transparant (antara 0-1) semakin kecil semakin tidak terlihat. ^_^
untuk melihat maksud parameter yang lain ,
bisa lihat keterangan draw_sprite_streched() atau klik disini.
- draw_sprite_part(sprite,subimg,left,top,width,height,x,y)
function ini adalah function menggambar sprite yang ditunjukan pada sprite yang ditampilkan namun hebatnya, function ini lebih berguna pada pemotongan sprite, yaitu menampilkan gambar sprite yang dipotong dari sprite yang sebenarnya.
left , top, width, height adalah parameter dalam pemotongan tersebut.
untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini. - draw_sprite_part_ext(sprite,subimg,left,top,width,height,x,y,xscale,yscale,color,alpha)
function ini sama seperti function yang tidak external, namun perbedaan nya juga pada pertambahan parameter, yaitu parameter xscale, yscale, color , dan alpha.
xscale adalah pembesaran horizontal gambar yang dihasilkan dari nilai skala, dan begitu juga pada yscale namun yscale adalah pembesaran secara vertikal..
color berguna untuk mengubah warna , dan alpha adalah untuk memberikan nilai besar transparant (antara 0-1).. jadi, semakin kecil nilai maka sprite yang digambar semakin tidak terlihat.
untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
- draw_sprite_tiled(sprite,subimg,x,y)
function ini adalah function untuk mendraw sprite, jadi function ini akan mengisi seluruh ruangan. parameter nya sama seperti draw_sprite() yaitu sprite, subimg, x dan y.
agar lebih jelas , silahkan klik nama function tersebut atau klik disini. - draw_sprite_tiled_ext(sprite,subimg,x,y,xscale,yscale,color,alpha)
function ini adalah function untuk mendraw sprite, jadi function ini akan mengisi seluruh ruangan. sama seperti function draw_sprite_tiled() tapi tentu saja dengan tambahan parameter , yaitu color dan alpha.. color berguna untuk mengubah warna , dan alpha adalah untuk memberikan nilai besar transparant (antara 0-1).. jadi, semakin kecil maka sprite yang digambar semakin tidak terlihat.
untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini. - draw_sprite_general(sprite,subimg,left,top,width,height,x,y,xscale,yscale,rot,c1,c2,c3,c4,alpha)
function ini adalah function untuk menggambar sprite dan tentu saja semua parameter lengkap , seperti gabungan antara semua drawing sprite function yang external ataupun tidak (terkecuali stretched). untuk parameter rot butuh diperhatikan sebab pusat Rotasi diambil dari pojok kiri-atas dari sebuah part (yaitu dari parameter left, top , width, dan height);
untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
Selesai
Oke , penjelasan singkat tentang function-function built-in yang ada pada Game Maker sudah saya jelaskan, untuk judul atau link yang berwarna merah itu artinya adalah Tidak ada post yang menyangkut link diatas. mohon tunggu untuk penjelasan function-function diatas sebab saya belum membuat Posting tersebut.Dan ingatlah saya selaku pembuat Blog ini memiliki Ilmu dan pengalaman tentang Bahasa Pemograman GML, tidak asal copy-paste sebab ini hasil ketikan saya sendiri.. Terima kasih telah berkunjung kesini ^_^..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar