Search:

Selasa, 23 September 2014

Game Maker : For (Looping Statement) [Indonesia]

Hai teman teman :) ,, kali ini saya akan menjelaskan apa itu Statement for.

setelah sekian lama saya tidak membuat posting lagi, itu dikarenakan internet dirumah saya terputus. Walaupun sebenarnya saya bisa membuat posting dari rumah dan di publikasi di warnet (warung internet) ,, tapi mau bagaimana lagi... diwarnet jadi maniak Game lagi.. huhuhuhuhu :'(
sedih, sedih ,sedih .. nyesel jadinya.
lho? kok jadi curhat ? bener-bener -_-" ..

Oke.

Langsung saja ketopik utamanya yaitu cara menggunakan statement For dan tentu saja saya akan menjelaskan sampai tuntas-tas-tas ^_^ .. harapan nya setelah membaca posting ini kita tidak akan kebingungan lagi cara menggunakan statement For. kebetulan saya ikut Grup Game Maker untuk bahasa saya sendiri, disitu saya pernah menjawab permasalahan seseorang dalam membuat Script, karena kebetulan statement For adalah jurus saya, jadi saya lampiaskan statement itu discript yang ingin saya berikan ..

sungguh disayangkan komentar yang diberikan adalah ber inti pada sebuah pernyataan :
"kalau orang yang sering menggunakan statement For itu adalah orang-orang hebat dalam GML , apa-apa For , apa-apa For" ..

Yah.. padahal kan untuk pemula aja sebenarnya statement For ini harus sering digunakan dan seharusnya sudah matang di-statement ini, nah ini dia tujuan saya untuk membuat post ini agar pernyataan tersebut salah, benar-benar salah.

Oke, saya jelaskan statement For itu apa. statemtent For adalah statement looping pada sebuah script, dari semua statement looping, For itu yg lebih dapat ter-handle ... statement for memiliki bentuk :


for (<statement1> ; <expression> ;<statement2>)

dan dibuka , untuk membuat script yang dilooping,

{

}


Bentuk Statement For
disini saya akan menjelaskan bentuk dari statement for dahulu :
  • <statement1> yang dimaksud adalah kita diminta untuk menuliskan sebuah deklarasi variable/statement yang akan kita gunakan di script yang ingin diloop nanti, ini sifatnya sekali yaitu disaat statement For pertama kali melakukan loopnya.
  • <expression> adalah sebuah persyaratan ekspresi yang akan menentukan apakah loop for dihentikan atau dijalankan , dan <expression> ini akan terjadi setelah <statement2> atau <statement1> dilakukan (sesuai step) .
  • <statement2> kebalikan dari <statement1> , <statement2> ini melakukan statementnya saat kedua kalinya statement For melakukan loopnya. 
ya... cuman itu sebenarnya yang perlu kita pahami.. hanya itu yang perlu kita ingat, sedikit bukan?
saat nya kita melatih bagaimana statement For ini bekerja.

Melatih menggunakan Statement For

Saya akan membuat contoh script sebagai berikut, sebagai contoh saya melakukannya diobject baru yaitu di Event Create (karena kita akan mengeksekusi statement For ini sekali)...

for( iii=1;iii<=2;iii+=1){
  show_message(iii); // show message adalah function untuk menampilkan pesan pada game.
}

coba kita play dan melihat hasilnya .. dan ,

Voala! game akan menampilkan pesan yang berisi text "1" dan "2" berurutan.
mengapa demikian?.. coba kita buka kembali catatan diatas.

disini saya akan menjabarkan statement perulangan ini menjadi script yang sesungguhnya (secara manual)..

Pertama, sebelum statement For dijalankan, sesuai catatan, apakah statement yang akan dijalankan pertama?.. yap <statement1> , sesuai contoh , kita tahu bahwa <statement1> berisi statement :

iii=1;

lalu, apakah yang akan dilakukan kedua? .. yap <expression> ,, dengan berarti kita akan melakukan script yang diloop jika kondisi expression itu benar , karena iii=1 , berarti sama seperti kita tulis script, seperti :

if 1<=2{
show_message(1);
}

sampai sini sudah paham?..

Oke!,  karena (1<=2) itu nilai nya true/benar , maka kita masih melanjutkan loop

Darimanakah saya dapat kondisi "if 1<=2" ?
saya mendapat kondisi "1<=2" dari "iii<=2" (itu yang sesungguhnya), namun karena iii=1 oleh maka itu saya buat mudah menjadi "1<=2"..

Kok nilai nya true/benar? ini untuk yang masih belum ngerti yah .. hehe..
kita lihat lagi, 1 lebih kecil atau sama dengan 2 benar atau salah?? ,benar dong , harus bisa matematika ya :p .. Oke!

Lanjut ke step tiga..
karena itu loop kedua, maka kita akan menuliskan <statement1> atau <statement2> ?? .. lihat catatan kembali..

Yap! <statement2> lah yang akan ditulis, sebab ini sudah loop kedua , bukan pertama lagi.. dengan begitu kita akan menulis <statement2> sebagai step ke tiga kita :

iii+=1;

Tadi iii=1, jika iii+=1 , berarti iii ditambah 1 , yaitu iii menjadi 2 nilainya ^_^ .. oke setelah statement dijalankan maka kita akan menuliskan <expression> lagi dan menjalankan script loop nya :

if 2<=2{
show_message(2);
}

Yap! ternyata <expression> nya masih bernilai true nih.. dengan begitu kita akan melakukan <statement2> lagi :

iii+=1;

sekarang iii=3 , untuk lolos ke loop berikutnya maka kita akan melakukan <expression> kembali :

if 3<=2{
show_message(3);
}

bagaimana ? apakah <expression> masih bernilai true? .. jelas tidak bukan?.. dengan begitu maka loop segera dihentikan dan tidak dilanjutkan lagi..

kita Rapih kan script yang sudah kita cacah dari contoh Statement For tadi , dan ini hasilnya :

iii=1;
if 1<=2{
show_message(1);
}

iii+=1;
if 2<=2{
show_message(2);
}

iii+=1;
if 3<=2{
show_message(3);
}


dan coba kita jalankan script diatas..

bagaimana teman-teman? sama bukan hasilnya? tapi mudahan mana ya? ya jelas saat kita memakai statement For tadi,, dengan begitu sangat membantu bukan statement For yang satu ini :)


Oke sekian dari saya , semoga kalian dapat mengerti Statement ter-kenal ini :) ..
Jika dibutuhkan , saya akan memberikan kuis untuk Statement For ini ,

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar