Search:

Selasa, 23 September 2014

Game Maker : Let's Drawing! [Indonesia]

Kembali lagi teman-teman ^_^ ..
saya akan memberikan refrensi nih buat kalian-kalian yang menggemari membuat game dari sisi grafik.

Grafik itu menentukan sekali lhoo saat kita membuat game, maka dari itu jika kita ingin memainkan game-game besar, tidak asing jika kita melihat spek recommendation dari game itu dan dicocokan ke komputer kita, gak jauh-jauh deh misalnya besar nya RAM kita atau VGA komputer kita, nah siapa sih dalang semua itu yang ngebuat kita susah-susah mikirin RAM sama VGA cuman buat main game aja?..

Yah! itu semua adalah perbuatan si Grafik. Grafik lah yang membuat game mempunyai julukan lag atau berat. inilah Komponen terbesar selagi kita mengisi game kita agar enak dimainkan..

oleh maka itu, saya disini akan menerangkan apa aja sih Function-Function atau Fitur-Fitur dasar saat kita membuat script yang khususnya dilakukan oleh Draw Event :

  • Alpha , alpha dalam game maker itu adalah intensitas nilai sebuah Opacity/transparasi. jika kita sering memakai program drawing seperti CorelDraw atau Photoshop kita pasti sering memakai Opacity pada Layer, nah "Opacity" nya Game Maker itu adalah Alpha.

    nah untuk mengaplikasikan fungsi Alpha ini , kita bisa memakai function draw_set_alpha(opacity).
    opacity yang kita isi bisa dari nilai 0-1 (nilai desimal juga berpengaruh), semakin nilai opacity mendekati 0 maka semakin transparan gambar yang dihasilkan. secara default (dari awal ) nilai opacity pada Game Maker ada 1 , oleh maka itu disaat kita sudah selesai menset alpha ke nilai yang bukan 1 , maka ubahlah lagi nilai alpha ke 1 agar saat kita membuat script drawing di object lain tidak terganggu.

    Untuk dapat menguasai betul apa itu fungsi Alpha, kamu bisa klick disini.
  • Color , color dalam bahasa indonesia artinya adalah warna, nah ini adalah salah satu pengaturan kita dalam melakukan drawing seperti draw_rectangle(), draw_circle()  dan lain-lain. kita bisa isi dengan Variable Constants seperti c_white, c_black , atau warna-warna yang sudah ditemukan valuenya.

    Untuk membuat warna baru yang kita inginkan, kita bisa membuatnya dengan fungsi make_color_rgb() atau make_color_hsv() , tiga value yang perlu kita isi adalah nilai-nilai dari syaratnya seperti make_color_rgb() yang perlu kita isi adalah Red, Green , dan Blue. begitu juga dengan make_color_hsv().

    Untuk dapat menguasai betul apa itu fungsi Color, kamu bisa klick disini.
  • Font , font ini sangat berguna pada saat kita melakukan drawing dengan fungsi draw_text() dan macam-macam fungsi draw text lainnya.
    Saat mengubah font, kita bisa menggunakan fungsi draw_set_font( value_font ). value_font yang harus kita isi adalah sebuah value font yang sudah kita buat, biasanya saya menggunakan nama font atau variable font yang telah saya buat sebelumnya. cara membuatnya bisa kamu lihat gambar dibawah.
    Nah, dengan begitu kita bisa dengan kreatif membuat warna game kita sendiri, sebagai contohnya dalam sisi tulisan point yang berbeda dengan level . gaya Font yang banyak pada game kita dapat membuat pemain menjadi tidak bosan bukan?. Ya dong !

    tetapi sebenarnya ada juga cara agar kita dapat membuat font saat game sudah dijalankan yaitu dengan menggunakan fungsi :
    font_add(name,size,bold,italic,first,last);

    name (str) , size (int) , bold (bool) , italic (bool) , first (int) , last (int). 
    *(int = integer [sebuah nilai], str = string [teks])


    gunakan variable untuk mendapatkan id dari font yang sudah dibuat. Seperti contoh saya membuat begini :


    Create Event :

    new_font=font_add("calibri",13,false,false,32,127);

    Draw Event :draw_set_font(new_font);
    draw_text("This is New Font : Calibri 13px",0,0);

    maka hasilnya pun adalah tulisan dari draw_text dengan font yang kita buat tadi di Create Event, tetapi ingatlah bahwa font_add() ini hanya sekali dilakukan saja jika font tersebut belum dibuat, seperti contoh saya membuatnya di Create Event agar hanya sekali dilakukan, jika kita menaruh di Event Step dan sebagainya itu mungkin dapat menjadi masalah besar.

Seperti nya hanya 3 itu saja dulu yang harus saya jelaskan pertama ^_^ .

untuk draw_set_alpha() dan draw_set_color(), ada function-function draw yang berpengaruh pada fungsi tersebut , yakni :
  •  draw_arrow( x1,y1,x2,y2,size )
  •  draw_circle( x,y,r,outline)
  •  draw_ellipse( x1,y1,x2,y2,outline )
  •  draw_line( x1,y1,x2,y2 )
  •  draw_line_width( x1,y1,x2,y2,w )
  •  draw_point( x,y )
  •  draw_rectangle( x1,y1,x2,y2,outline )
  •  draw_roundrect( x1,y1,x2,y2,outline )
  •  draw_text( x,y,string )
  •  draw_text_ext( x,y,string,sep,w )
  •  draw_text_ext_transformed( x,y,string,sep,w,xscale,yscale,angle )
  •  draw_text_transformed( x,y,string,xscale,yscale,angle )
Oke sekian dari saya, semoga refrensi ini bermanfaat bagi kita semua ^_^.
Sekian~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar