Search:

Sabtu, 27 September 2014

Game Maker : Begining for Scripting in GML part 1 (Variable) [Indonesia]

Selamat datang teman-teman, kali ini saya ingin memberitahukan hal-hal bagi kalian yang merasa sulit untuk memasuki dunia scripting di Game Maker. judul dari posting ini adalah "Memulai untuk Scripting di GML (Game Maker Language) Part 1 (Variable)"..

Berarti sudah tahu dong apa yang kita ingin latih sekarang?. Yap, Variable pada Game Maker.

Rekomendasi saya untuk dapat melalui tahap ini dan selanjutnya, kalian telah sepenuhnya mengerti apa itu :
  • Event (Create, Step, dan Draw)
  • DnD of Execute Code (yang saya maksud disini adalah kalian dapat membuat Subevent Execute Code kedalam Event)
  • mengetahui function draw_text() , jika belum klik disini.
  • mengetahui function show_message().
Oke , jika kalian ingin melanjutkan Tutorial, saya harap syarat diatas terpenuhi ,oke?.
sebab tanpa memenuhi syarat diatas, saya rasa kalian akan sukar menerima perintah-perintah selanjutnya.

Baiklah...

Variable

     Variable adalah sebuah simbol atau ketetapan yang memiliki nilai tertentu, dengan ketetapan yang dimaksud adalah Variable yang digunakan harus memiliki ketetapan, jadi kita tidak akan di-PHP-in (Pemberi Harapan Palsu) sama Variable, jikalau pun kita merasa di-PHP-in , secara tidak langsung sebenarnya kita lah yang PHP-in diri sendiri.

Pertama yang harus kita ketahui adalah cara mendeklarasikan Variable, Variable terdeklarasi jika nilai variable ditentukan (sebelumnya belum diketahui nilainya) , oleh maka itu kita bisa mendeklarasikan Variable kapanpun tidak dibatasi oleh waktu dan Event.

Cara nya mudah kok, yaitu dengan penulisan sebagai berikut :
variable_baru = <nilai>;


yang dimaksud adalah sebuah string atau integer, yang dimaksud dari string itu adalah nilai jenis text, seperti "A" , "Text" atau "Nama Saya". seperti contoh saya membuat variable baru dengan nama "nama_saya" :


nama_saya="Harbi Martin";


contoh diatas adalah pendeklarasian Variable Text , tidak lupa juga pada integer, yang dimaksud dari integer adalah jenis nilai yang berbentuk angka. seperti 1 , 2 , ataupun 3.1415 (tidak dibatasi). seperti contoh saya membuat variable baru dengan nama "nilai_pi" :

nilai_pi=3.1415;




Jenis Jenis Variable


Variable Array (Hanya Review, mungkin di Part 8 keatas kita akan gunakan)

       Variable array adalah variable yang memiliki nilai lebih dari 1, nama dari variable itu sama , namun yang membedakan adalah nilai blok nya atau nomor susunannya. batas dari Variable array sampai sekarang belum saya ketahui, Namun, nilai bloknya tidak bisa lebih kecil dari 0.

seperti contoh, cara mendeklarasikan 2 Variable array yang memiliki nilai blok [0] dan [1]:

variable_baru[0]="Huruf A";
variable_baru[1]="Huruf Z";

Check Variable

Cara mengecek apakah nilai dari sebuah variable, bisa dengan cara show_message() ataupun draw_text().
disini saya memberi contoh mengecek variable dengan show_message().

seperti script berikut :

nilai_pi=3.14;

show_message(nilai_pi);


silahkan dicoba dan diplay, apakah nilai_pi yang ditampilkan sama, dengan apa yang kita deklarasikan ^_^.

Oke , karena ini baru Part 1 dengan begini kalian sudah memahami cara mendeklarasikan Variable, karena di Part 2 berikutnya kita akan menggunakan variable, karena dalam GML dan Bahasa Pemograman lainnya, Variable lah yang sangat sangat berpengaruh dalam pelaksanaan script.

Silahkan tunggu part berikutnya.
Semoga Bermanfaat~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar