Klasifikasi :
Pesawat Sederhana
Sebuah katrol adalah suatu roda pada poros yang
dirancang untuk mendukung pergerakan
kabel atau sabuk sepanjang sekelilingnya. Katrol digunakan dalam berbagai
cara untuk mengangkat beban yang
lebih, mengadakan gaya, dan
mengirimkan daya.
Sebuah katrol juga disebut sheave atau drum dan mungkin memiliki alur antara dua flensa dengan keliling lingkaran. Unsur penggerak sistem katrol dapat berupa tali, kabel, sabuk, atau rantai yang dapat menjalankan katrol pada sebuah alur.
Sebuah katrol juga disebut sheave atau drum dan mungkin memiliki alur antara dua flensa dengan keliling lingkaran. Unsur penggerak sistem katrol dapat berupa tali, kabel, sabuk, atau rantai yang dapat menjalankan katrol pada sebuah alur.
Pahlawan Alexandria mengidentifikasi katrol sebagai salah satu dari enam mesin sederhana yang digunakan untuk
mengangkat beban. Katrol dirakit untuk
membentuk sebuah Penahan
dan Penyesuai agar dapat
memberikan keuntungan mekanis
untuk mengadakan gaya yang besar. Katrol juga
dirakit sebagai bagian dari sabuk dan rantai
drive untuk mengirimkan daya dari satu poros
berputar ke yang lain.
Blok dan Penyesuai
Macam-macam cara
dalam menerapkan jumlah penyesuai pada Katrol.
Seperangkat katrol dirakit sehingga dapat berputar
secara independen pada poros yang sama dan membentuk sebuah blok. Dua blok dengan
tali yang terpasang pada salah satu blok dan berulir melalui dua set katrol itu membentuk sebuah
blok dan penyesuai.
Sebuah balok dan penyesuai dirakit sedemikannya sehingga satu balok terpasang tetap saat meningkat dan yang lainnya terpasang dengan beban yang bergerak. Keuntungan mekanis dari blok dan penyesuai adalah sama dengan jumlah penyesuai.
Sebuah balok dan penyesuai dirakit sedemikannya sehingga satu balok terpasang tetap saat meningkat dan yang lainnya terpasang dengan beban yang bergerak. Keuntungan mekanis dari blok dan penyesuai adalah sama dengan jumlah penyesuai.
Penyesuai
yang dimaksudkan adalah bagian tali/sabuk pada Katrol yang berada pada
sambungan antara blok, Tali/sabuk diantara blok dengan ujung tali lain (pelaku
gaya selain Beban) tidak dihitung sebagai Penyesuai.
Pada diagram disamping , keuntungan mekanis
dari masing-masing blok dan penyesuai rakitan
yang ditampilkan adalah sebagai berikut:
·
Gun Tackle: 2
- Luff Tackle: 3
- Double Tackle: 4
- Gyn Tackle: 5
- Threefold Purchase: 6
*)Saya tidak
menemukan Istilah masing-masing jenis pada jumlah Penyesuai dalam bahasa
indonesia.
Di Indonesia sendiri,
Mengklasifikasikan Jenis-jenis Katrol menjadi 4 ,yaitu : katrol Tetap , Katrol
Bebas, Katrol Rangkap/Majemuk ,dan Katrol Ganda.
1.
Katrol Tetap
Katrol tetap adalah
katrol yang posisinya tidak berubah. Dengan menarik ujung tali yang tidak
terikat pada beban, maka beban akan terangkat. Kuasa yang dibutuhkan sama
dengan berat beban itu sendiri. Hanya saja, menarik beban keatas dengan katrol
lebih mudah daripada mengangkat benda secara langsung. Titik tumpu sebuah
katrol tetap terletak pada sumbu katrolnya. Contoh pemanfaatan katrol tetap
adalah pada alat penimba air sumur dan katrol pada tiang bendera.
2.
Katrol Bebas
3.Katrol Rangkap
Katrol rangkap adalah
katrol yang terdiri dari lebih dari satu katrol yang disusun berjajar
dengan tali. Katrol rangkap atau katrol majemuk ini dapat memperkecil
gaya. Semakin banyak katrol yang digunakan semakin kecil gaya yang digunakan
tetapi waktu yang digunakan semakin lama. Contoh penggunaan katrol rangkap
adalah pada mobil derek, dan peralatan pemanjat tebing.
4.
Katrol Ganda atau Takal
Katrol ganda
merupakan perpaduan/penggabungan antara katrol tetap dan katrol bebas. Kedua katrol ini
dihubungkan dengan tali. Pada katrol ganda, beban dikaitkan pada katrol bebas
dan salah satu ujung tali dikaitkan pada penampang katrol tetap. Bila ujung
tali yang lain ditarik, maka beban akan terangkat.
Sistem Sabuk pada Katrol
Sabuk datar pada Sabuk Katrol |
Sistem Katrol dan Sabuk |
Cone katrol didorong dari atas oleh suatu poros garis
Sebuah sistem sabuk pada katrol ditandai dengan adanya dua atau lebih katrol yang sama pada sabuk. Hal ini memungkinkan untuk tenaga mesin, putaran, dan kecepatan dapat dikirim ke seluruh as roda. Jika katrol yang digunakan mempunyai diameter yang majemuk/berbeda-beda, keuntungan mekanis akan direalisasikan.
Sebuah belt drive sama seperti chain drive, namun sabuk pada katrol ini memiliki permukaan yang halus (tanpa biji-biji anggota saling diskrit seperti yang akan ditemukan pada roda gigi rantai, spur gear, atau timing belt) sehingga keuntungan mekanis yang diberikan adalah perbandingan diameter pitch katrol saja, tidak ditetapkan persis dengan rasio gigi seperti gears dan sprockets.
Sebuah sistem sabuk pada katrol ditandai dengan adanya dua atau lebih katrol yang sama pada sabuk. Hal ini memungkinkan untuk tenaga mesin, putaran, dan kecepatan dapat dikirim ke seluruh as roda. Jika katrol yang digunakan mempunyai diameter yang majemuk/berbeda-beda, keuntungan mekanis akan direalisasikan.
Sebuah belt drive sama seperti chain drive, namun sabuk pada katrol ini memiliki permukaan yang halus (tanpa biji-biji anggota saling diskrit seperti yang akan ditemukan pada roda gigi rantai, spur gear, atau timing belt) sehingga keuntungan mekanis yang diberikan adalah perbandingan diameter pitch katrol saja, tidak ditetapkan persis dengan rasio gigi seperti gears dan sprockets.
Dalam kasus katrol gaya drum, tanpa alur atau
flensa, katrol
sering sedikit cembung agar
menjaga sabuk berpusat. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai katrol
bermahkota. Meskipun begitu banyak digunakan di pabrik, jenis katrol ini masih
ditemukan dirumah tangga seperti
penyikat yang berputar dalam
pembersih vakum tegak lurus. Dan
Traktor pertanian yang
dibangun sampai awal 1950-an umumnya memiliki katrol sabuk. Tetapi hanya memiliki penggunaan yang
terbatas, karena traktor dan peralatan-peralatan yang didukung
perlu alat stasioner. Namun
hal ini
telah tergantikan oleh mekanisme lain, seperti power take-off dan hidrolika.
Sumber : Wikipedia
D' C-gen (d-cgen.blogspot.com)
n*cE
BalasHapusmantap terima kasih ilmunya semoga barokah
BalasHapus