Tidak terasa kita sudah sampai Part 4, dimana kita akan melanjutkan pembuatan Game kita.
Untuk melihat Tutorial Your First Game Part 3 silakan klik disini
Sekali lagi , tutorial ini adalah Tutorial yang sebenarnya harus dapat dilalui oleh semua pengguna Game Maker, karena semua Sarana Dasar yang ditampilkan Game Maker kita gunakan semua digame kita ini.
Oke, melanjutkan tutorial yang sebelumnya, yaitu menambahkan Sound Effect pada Game kita. kalau kalian sudah ingin ketahap ini berarti di Tutorial sebelumnya yang saya tulis itu tidak melenceng dari yang saya harapkan.
Yap, seperti yang saya katakan tadi. yang kita lakukan selanjutnya adalah membuat Sound Effect pada Game. Tapi ngomong-ngomong sound effect itu apa sih?, dari Google Translate sih artinya efek suara. hahahaha,, yang gak tau apa itu Sound sih kurang hajar (bukannya sombong),, Oke-oke gak usah ngerti juga gak apa-apa, yang penting nanti lihat perubahan hasilnya aja. hehehe..
Pertama-tama kita buat dulu Sound nya dengan klik Icon atau dengan klik kanan pada tulisan sound dan klik Create Sound.
Membuat Sound Cara Kedua. |
Membuat Sound Cara Pertama. |
Seperti mengambil gambar spr_wall atau spr_apple dan lain-lain. Jika kamu baru pertama kali menginstal Game Maker maka saat meng-klik "Load Sound" kamu akan berada pada Folder Tutorial1 dan jika benar, silakan pilih file yang bernama click dan berformat *.wav ,, Tetapi jika kalian tidak berada pada Folder Tutorial1 , silakan Explore/buka Folder dimana kamu menginstall Game Maker. Jika ketemu dan telah masuk, silakan buka Folder Sound > Tutorial1 > dan buka file suara bernama click.wav (click) ...
Baiklah, jika kalian sudah menemukan Sound File nya, maka kita akan memakai suara tersebuat sebagai Sound Effect di game kita.
Masih di window Sound yang tadi, ubah Namanya menjadi snd_klik seperti gambar dibawah :
Jika sudah maka kita akan membuat Sound Effect ini akan berbunyi pada game kita dengan syarat tentunya.
kalau tidak memakai Syarat bisa-bisa nanti snd_klik nya berbunyi terus menerus dan menyebabkan Pemain yang memainkan game kita malah langsung tekan Alt+F4 (:v) ,,wah wah wah,, belum lagi Game kita langsung dihapus dari Komputer ... Janganlah ^_^..
Oke,, kalau sudah tahu snd_klik ini akan berbunyi dengan ketentuan Syarat, maka kita akan tentukan Syaratnya, apa ya?..
Yap, karena namanya snd_klik (sound klik) maka kita akan membuat Sound Effect ini akan berbunyi jika Pemain mengklik Buah... bagaimana? setuju tidak?,, udah yah Ikutin aku aja dulu ^_^...
Terus dibuatnya bagaimana?..
kalau dipikiran saya, cara menentukannya begini :
"Aksi yang akan kita buat adalah membunyikan snd_klik.
Aksi akan aktif jika object Buah diklik (klik kiri)."
berarti Aksi ditaruh di Object Buah pada Event Click Left Pressed ,, berarti kita buka dahulu window Object Buah yang berarti obj_apple, menuju Event Left Pressed (Mouse) , nah karena sudah ada, maka kita hanya klik tulisan Left Pressed saja ^_^ ,, ternyata ada Aksi "Jump to Random..." dan "Set Score..."? , ya iyalah, kan kita yang taruh disitu ..hihihi
Oke jika Object dan Event sudah kita tentukan maka kita akan menambahkan Aksi membunyikan suara.
Dengan menambahkan Action "Play Sound" pada Event. seperti gambar dibawah ini :
Jika kalian telah melakukan perintah diatas, maka akan muncul Window baru. Yap, itu adalah pengaturan pada Action yang kita tambahkan tadi.
Ubah Sound menjadi "snd_klik" (dengan klik pada Textbox) , dan Loop biarkan menjadi "False". seperti Gambar dibawah :Setelah itu klik OK , tanda kita telah selesai mengedit pengaturan Action Play Sound (Seperti digambar).
Setelah itu kita Save lagi Project kita, dan coba Run kita seperti biasa...
Bagaimana ? Bekerja dengan baik kan?..
Suara berbunyi saat kita meng-klik buah.
Sip ^_^ ..
Pelengkap suara kita sudah dibuat.
Seperti janji saya yang sebelumnya , kita juga akan membuat Background Music pada Game kita.
Let's Go!!!..
Pertama-tama tidak lupa kita buat dahulu Sound baru digame kita, Pasti bisa dong, kan udah pernah ^_^...
tulis namanya menjadi "snd_music" ,dan "Load Sound" file bernama "music.mid" (music) pada Folder Tutorial1 yang tadi telah kita buka...
Oke,, saat nya membuat aksinya!
Pada tutorial ini kita buat saja Object baru dengan nama obj_music dan tanpa sprite,, kita asumsikan obj_music ini sebagai penyetel musik kita, dengan berarti jika obj_music tidak ada pada room , maka suara musik menjadi tidak ada.
Setelah kita telah membuat object baru dengan nama obj_music ,, maka kita akan membuat Event baru yaitu Event Create , yang berarti membuat Aksi yang akan aktif jika Event Create aktif atau saat obj_music dibuat diroom, sudah tahu dong caranya ^_^..
Jika sudah , maka kita akan menambahkan Aksi pada Event Create tadi , yaitu Play Sound (sama seperti gambar diatas) perbedaannya adalah pada value Loop , disini Loop nya adalah "True" . Loop itu artinya pengulangan atau diulang, jadi jika suara dibuat dan Loopnya adalah True berarti suara/musik tersebut akan terus berbunyi , berbeda dengan Loop yang valuenya adalah False.
Seperti gambar dibawah ini :
Setelah itu tekan OK seperti digambar, dan Coba kita Save Project kita dan mulai Run gamenya lagi..
Bagaimana? Ada perubahan?...
Tentu saja tidak, mengapa?
seperti yang saya katakan tadi diatas :
"....kita asumsikan obj_music ini sebagai penyetel musik kita, dengan berarti jika obj_music tidak ada pada room , maka suara musik menjadi tidak ada...."
Yap,, jika kalian sudah mengerti makna tulisan saya diatas maka dengan berarti kalian dapat membetulkan kesalahannya ^_^ .
Informasi sedikit , Saat kalian menambahkan obj_music pada Room maka akan timbul gambar tanda tanya. kenapa demikian? itu disebabkan karena object yang kita taruh kedalam Room tidak memiliki Sprite,, Yap,, karena kita sengaja membuat obj_music tanpa sprite berarti hal itu bukanlah kesalahan ^_^.. Tetapi berhati-hatilah saat menaruh obj_music pada Room , sebab kita hanya membutuhkan 1 saja , jika lebih mungkin saja tidak menghasilkan hal yang jauh berbeda , akan tetapi Akselerasi Game yang kita pakai dapat dikatakan Boros sebab menaruh obj_music yang lebih dari satu pada Room adalah tindakan yang salah pada Game kita.
Oke kita baru menyelesaikan 11 tahap dari 15.
Selanjutnya kita akan melakukan pelengkapan pada game kita.
Dari awal kita telah merencanakan cara bermain Game ini, yaitu mengklik Buah sebanyak mungkin.
Tetapi tidak hanya itu , akan ada Bomb yang tidak boleh diklik , jika ter-klik maka Game akan berakhir (Game Over),,
Yap!! Kita akan membuat obj_bomb ditutorial selanjutnya...
See Ya~
Tersedia [O]
______________________________________________________________
---------- Melanjutkan ke part selanjutnya ------------------
menuju ke :
Lanjutannya mana kaka
BalasHapussudah saya buat tadi.
Hapusmaaf sampai menunggu dn berhenti ^_^ ..
sekarang sudah tersedia ^_^
ngan bagaimana saat di hover bunyi
BalasHapusngan bagaimana saat di hover bunyi
BalasHapusngan bagaimana saat di hover bunyi
BalasHapusngan bagaimana saat di hover bunyi
BalasHapuskalo masalah hover bisa menggunakan event di pilihan Mouse , terus pilih Event Mouse enter.
Hapusdn tinggal diisi sub event bunyi nya..