Search:

Jumat, 07 Maret 2014

Game Maker : Basic Tutorial Part 3 (Your First Game) [Indonesia]

Hallo! kita ketemu lagi ^^ ...

Melanjutkan tutorial sebelumnya (Tutorial Your First Game Part 2 ,klik disini untuk melihat). oke jika kalian sudah sampai tahap ini.

sebelumnya kita sudah membuat event pada masing-masing object , seperti yang saya katakan ditutorial sebelumnya , hal yang akan kita lakukan adalah membuat Room pada game.

Cara mudah membuat room adalah mengklik icon yang berada pada bagian atas Game Maker ,namun ada cara kedua yaitu dengan klick kanan pada tulisan room (dibawah sprite) dan pilih Create Room. seperti gambar dibawah :

Cara Kedua.
Cara Pertama.


                    Oke...dengan begitu kita telah berhasil membuat Room.
Saat room dibuat, maka akan tampil window baru, nah Room sudah terbuat tetapi masih kosong.

Taruh atau susun object-object pada Room, dengan cara klik saja dibagian yang berwarna abu-abu.

untuk mengubah object yang ingin kita taruh diroom, adalah dengan klik pada bagian pilih object, seperti gambar dibawah :
Informasi dalam menaruh object pada Room , bisa dibaca dibagian kiri, tepat dibawah pilih object (lihat gambar).

Jika tertulis bahasa inggris dan kalian tidak mengerti, silakan coba satu persatu perintah yang ada pada tulisan, agar dapat dipahami ^_^.

 Setelah kita buat serapih mungkin object-object yang ada pada Room , maka kita akan coba untuk Run game dan melihat hasilnya.

Gimana hasilnya? bagus kan?...
obj_apple bergerak secara random dan memantul saat mengenai obj_wall...tapi ini sih baru awal ^_^...
 
hihihihi, serius deh , aku pengen nanya lagi gimana hasilnya?,, pasti jadi dong seperti diatas?

hahaha... Tapi jujur, aku malah bingung kalau kalian itu berhasil. toh, mau diulang 7 kalipun dari awal pasti hasilnya tetap sama, haha...

oke deh, yang merasa ingin dibetulkan ,mari kita lanjutkan!
Kesalahannya adalah berada pada saat obj_apple bertubrukan dengan obj_wall , yaitu pada Event Collision. lalu dimana kesalahannya?. Yap, kita baca lagi deskripsi tentang Collision Event diposting ini (klik disini).

Apa ayo kesalahannya?, kesalahan ini bersifat umum, informasi sedikit, kalau Collision Event itu identik pada Solid dan Non-Solid pada sebuah Object.
Jika kalian membaca dengan teliti deskripsi tetang Collision Event. maka kalian akan dapat memperbaiki masalah nya.

Oke, yang belum mengerti cara memperbaikinya maka saya akan memberitahukan letak kesalahannya.
Kesalahannya adalah pada Sifat obj_wall yang tidak Solid.
Lalu, bagaimana cara agar sifat obj_wall menjadi Solid?.

 Buka window obj_wall dan Centang pada bagian solid.

Mudah kan?..

setelah itu kita Run lagi.
dan lihat hasilnya.


Berhasil dong ^_^ .

Yang belum berhasil silakan periksa dan baca kembali tutorialnya, sebab dari tutorialnya sih harusnya bisa
(ini serius tidak bohong).

Oke,, apa masih kurang memuaskan tutorialnya?,, ya!, karena ini berdasarkan tutorial yang ada di Game Maker secara hasil sih belum...

Selanjutnya yang akan kita lakukan adalah membua Background pada Game.
Background itu berfungsi sebagai Latar Belakang pada game. Background yang dimaksud adalah Background gambar, dengan berarti yang akan kita buat adalah Gambar Latar Belakang pada Game ^_^.

Pertama-tama kita buat dahulu Backgroundnya , dengan mengklik ikon dibagian atas atau dengan klik kanan pada tulisan Background dan pilih Create Background.
Seperti gambar dibawah :

Cara membuat Bacground 1.
Cara  membuat Background 2.











 Oke , karena kita sudah membuat Backgroundnya maka kita akan mengambil gambar Backgroundnya di Komputer kita dengan menekan pada Load Background pada window Background.

Buka file gambar Background yang bernama "wood.gif" .. Jika tidak ada coba buka pada Folder Game Maker>Backgrounds> Tutorial1 > wood.gif ,, sama seperti saat kita mengambil spr_wall dan spr_apple ,,

oke jika kalian sudah menemukannya :) ,kita lanjutkan ..
Masih di window Background, kita akan mengubah nama Background yang baru kita buat dengan nama "back_wood" , dan setelah itu tekan OK, dengan berarti kita telah selesai membuat Background ...yey!

Lalu selanjutnya back_wood untuk apa?.. dibuang?,, tidak!,, tentu saja dipasang di game kita..hehe
tapi bagaimana cara buang.... eh maksudnya ,cara pasang nya? ^_^..

Caranya adalah buka window Room yang sudah kita buat tadi. dengan cara klik 2x nama Roomnya (room yang sebelumnya kita buat adalah room dengan nama default "room0").

Setelah itu klik Tab Background dan pada tulisan "<no background>" kita ubah ke back_wood dengan cara diklik saja.
Seperti gambar dibawah ini :

























Dan sekarang kita Run lagi gamenya, dan lihat perubahannya..

Tidak ada perubahan bentuk permainan, hanya Graphic dan gambar nya saja yang berubah.

Oke, pada selanjutnya kita akan menambahkan sistem suara (Sound) pada game, yaitu Sound Effect dan BGM (Background Music).
Baiklah...
Sampai disini dulu...
Silakan tinggalkan Comment dan Saran untuk post hari ini :) ,, Masukan sangat diperlukan ^_^

Good Luck~

Tersedia [O]
______________________________________________________________
>>> Melanjutkan ke part selanjutnya >>>
menuju ke :
http://d-cgen.blogspot.com/2014/01/game-maker-basic-tutorial-part-4-your.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar