Search:

Sabtu, 14 Juni 2014

Game Maker : Drawing Sprites Function [Indonesia]

0 komentar
Hallo.. senang bertemu kembali di Posting ini ^_^..
Kali ini saya akan menjelaskan apa saja itu Function pada Drawing Sprite.

Pertama-tama, kita harus memahami object biasanya mempunyai Sprite sejati yang memang harus di draw..

tetapi tentu saja kita tahu bahwa sangat merepotkan jika kita hanya menggunakan object untuk draw sprite (menggambar sprite) saja. yap, kalau begitu kita akan menggeser peran sejati object itu sendiri. karena Object itu sebagai pelaku Aksi , dan bukan untuk menggambar sprite saja ^_^ .

yap dengan begitu object bisa menggambar sprite yang lain , dan Background untuk mengisi background pada Room. dan tentu saja hal itu dilakukan dengan beberapa Function yang dapat diakses secara default oleh Game Maker lalu dengan begitu kita akan dapat mengembangkan Peranan Object , Ialah sebagai pengendali dan pengatur Room ^_^.

Lalu apakah Function-Function untuk menggambar Sprite dan Background tersebut?. dari yang paling dasar saya akan menjelaskan :
  • draw_sprite(sprite,subimg,x,y)
             function ini berfungsi untuk mendraw sprite , ini adalah function Basic dalam menggambar sprite, dan tentu saja gambar yang dihasilkan apa adanya, tanpa perubahan bentuk atau lainnnya. namun tentu saja bisa diubah jika ada pengaruh dari function lain (contoh : draw_set_color() , draw_set_alpha() dan lainnya)

    untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
  • draw_sprite_ext(sprite,subimg,x,y,xscale,yscale,rot,color,alpha)
             function ini berfungsi untuk mendraw sprite (sama seperti draw_sprite() ) namun letak perbedaannya adalah, function ini lebih berguna dalam menggambar sprite untuk lebih bisa dikendalikan, dan pada argumentnya ada 9 dan harus masing-masing diisi, yaitu sprite , subimg , x , y , xscale , yscale , rot , color , alpha. dengan berarti function ini lebih berguna dalam menggambar sprite , yaitu merubah scale/ukuran, memutar , mengganti warna dalam gambar, dan men-set nilai transparant pada gambar (semakin kecil semakin transparant, dan bernilai dari 0-1).

    untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
  • draw_sprite_stretched(sprite,subimg,x,y,w,h)
             function ini juga berfungsi untuk mendraw sprite, namun lebih berguna dalam men-stretched atau meregangkan sebuah sprite :) .. pada parameter , w dan h digunakan untuk menstretched sebuah sprite, nilai w adalah lebar sprite dan h adalah tinggi sprite. (secara langsung , dengan berarti nilai yang kita masukan itu BENAR-BENAR nilai dari lebar dan tinggi sprite).

    untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
     
  • draw_sprite_stretched_ext(sprite,subimg,x,y,w,h,color,alpha)
             function ini sama seperti draw_sprite_stretched() namun perbedaannya function ini adalah function lanjutan (ext) dan tentu saja lebih banyak pengaturan yang bisa dihandel.. pada parameter , ada pertambahan "color" dan "alpha" yaitu color untuk mengubah warna , dan alpha adalah untuk memberikan nilai besar transparant (antara 0-1) semakin kecil semakin tidak terlihat. ^_^

    untuk melihat maksud parameter yang lain ,
    bisa lihat keterangan draw_sprite_streched() atau klik disini.
  • draw_sprite_part(sprite,subimg,left,top,width,height,x,y)
             function ini adalah function menggambar sprite yang ditunjukan pada sprite yang ditampilkan namun hebatnya, function ini lebih berguna pada pemotongan sprite, yaitu menampilkan gambar sprite yang dipotong dari sprite yang sebenarnya.

    left , top, width, height adalah parameter dalam pemotongan tersebut.
    untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
  • draw_sprite_part_ext(sprite,subimg,left,top,width,height,x,y,xscale,yscale,color,alpha)
             function ini sama seperti function yang tidak external, namun perbedaan nya juga pada pertambahan parameter, yaitu parameter xscale, yscale, color , dan alpha.

    xscale adalah pembesaran horizontal gambar yang dihasilkan dari nilai skala, dan begitu juga pada yscale namun yscale adalah pembesaran secara vertikal..
    color berguna untuk mengubah warna , dan alpha adalah untuk memberikan nilai besar transparant (antara 0-1).. jadi, semakin kecil nilai maka sprite yang digambar semakin tidak terlihat.

    untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.

  • draw_sprite_tiled(sprite,subimg,x,y)
             function ini adalah function untuk mendraw sprite, jadi function ini akan mengisi seluruh ruangan. parameter nya sama seperti draw_sprite() yaitu sprite, subimg, x dan y.
    agar lebih jelas , silahkan klik nama function tersebut atau klik disini.

  • draw_sprite_tiled_ext(sprite,subimg,x,y,xscale,yscale,color,alpha)
             function ini adalah function untuk mendraw sprite, jadi function ini akan mengisi seluruh ruangan. sama seperti function draw_sprite_tiled() tapi tentu saja dengan tambahan parameter , yaitu color dan alpha.. color berguna untuk mengubah warna , dan alpha adalah untuk memberikan nilai besar transparant (antara 0-1).. jadi, semakin kecil maka sprite yang digambar semakin tidak terlihat.

    untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.

  • draw_sprite_general(sprite,subimg,left,top,width,height,x,y,xscale,yscale,rot,c1,c2,c3,c4,alpha)
             function ini adalah function untuk menggambar sprite dan tentu saja semua parameter lengkap , seperti gabungan antara semua drawing sprite function yang external ataupun tidak (terkecuali stretched). untuk parameter rot butuh diperhatikan sebab pusat Rotasi diambil dari pojok kiri-atas dari sebuah part (yaitu dari parameter left, top , width, dan height);

    untuk memahami lebih jelas , silakan klik nama function tersebut atau klik disini.
Selesai
Oke , penjelasan singkat tentang function-function built-in yang ada pada Game Maker sudah saya jelaskan, untuk judul atau link yang berwarna merah itu artinya adalah Tidak ada post yang menyangkut link diatas. mohon tunggu untuk penjelasan function-function diatas sebab saya belum membuat Posting tersebut.

Dan ingatlah saya selaku pembuat Blog ini memiliki Ilmu dan pengalaman tentang Bahasa Pemograman GML, tidak asal copy-paste sebab ini hasil ketikan saya sendiri.. Terima kasih telah berkunjung kesini ^_^..
READ MORE - Game Maker : Drawing Sprites Function [Indonesia]

Kamis, 12 Juni 2014

Game Maker : draw_text() Function [Indonesia]

0 komentar
Hallo kembali ^_^ ...
hari ini saya akan menjelaskan function dasar yang sering digunakan dalam output grafis pada Game kita .

yap! draw_text() ,, dari namanya kita sudah mengetahui bahwa draw_text() ("draw" : menggambar, "text" : text/tulisan) artinya adalah menggambar text/tulisan ^_^ ..

Dari sini sudah paham? ayo lanjut!..

Pertama, function draw_text() ini adalah function output tampilan untuk menampilkan sebuah teks sederhana, kalau tidak salah dengan font "Arial" dan ukuran 13px. (Jika salah, silahkan komentar)... nah, karena ini adalah function untuk menggambar berarti Function ini default di execute di Event Draw..

Yap.. Event Draw :) ,, lalu bagaimana cara menuliskannya..

pertama bisa kita taruh di Event Draw seperti ini :

draw_text(0,0,"Hallo Dunia!");


"0,0" yang dimaksud adalah koordinat letak x dan y pada room,, jika saya menulis (0,0) dengan berarti letak gambar nya ada di ujung kanan-atas :) ..

dari syntax diatas telah diketahui bahwa function draw_text() ini memiliki persyaratan atas argument yang diberikan , yaitu :

draw_text(x,y,string)

  • x = letak x,
  • y = letak y, dan
  • string = tulisannya , dan biasanya ditulis dengan text (text itu adalah tulisan huruf yang berada pada simbol kutip) ^_^

String

Mengisi String dengan Integer/Bilangan (bukan text)
namun pada pengisian string , kita bisa mengisinya dengan angka atau tipe data integer (nilai/bilangan).

sebagai contoh :

draw_text(0,0,10000);

maka output yang dihasilkan adalah tulisan "10000" ^_^ ..

Kesalahan Operator saat mengisi Value String
namun jika kita menulis seperti ini :

draw_text(0,0,"nilai ="+10000);


maka hasil adalah error ^_^ ...


COMPILATION ERROR in code action

Error in code at line 1:

   draw_text(0,0,"nilai ="+10000)
                          ^

at position 20: Wrong type of arguments to +.


kenapa? karena kesalahannya bukan karena kita menulis bilangan ataupun text untuk pengisian string, namun itu terjadi disebabkan oleh kesalahan pada operatornya..

secara sederhana simbol "+" digunakan untuk menambahkan 2 buah nilai atau text,, seperti contoh ,1+1 atau pada text "saya "+"ganteng".. hal contoh tersebut seperti itu bisa dilakukan , namun akan salah fatal jika kita melakukan operator pertambahan pada text dan bilangan, seperti contoh diatas , "nilai ="+10000. ini tidak bisa dilakukan , mengapa? yap.. sebab text tidak bisa ditambahkan dengan bilangan ..

bagaimana cara untuk membetulkannya? .. pertama, yang kita ketahui bahwa kesalahannya adalah pada nilai integer yaitu 10000 yang tidak berbentuk text ,, dengan begitu, kita akan menjadikan nilai 10000 dengan function string().

dengan berarti akan menjadi,  "nilai ="+string(10000) ,, itu sama saja seperti : "nilai ="+"10000" ...

Yap! text dengan text , dengan begitu tidak akan terjadi kesalahan :) ..
berarti seharusnya agar tidak error.. function draw_text() yang kita tulis adalah seperti ini :


draw_text(0,0,"nilai ="+string(10000));


Selesai

Oke sepertinya cukup untuk menjelaskan function ini.. sampai ketemu di penjelasan selanjutnya! ^_^
READ MORE - Game Maker : draw_text() Function [Indonesia]

Minggu, 08 Juni 2014

Game Maker : All about Surface Function [Indonesia]

0 komentar
Yap... update lagi posting tentang fungsi dari surface.

Apa itu surface di Game Maker ?.. ini adalah pertanyaan untuk orang-orang yang ingin mendalami sisi grafis pada game, khususnya di Game Maker ini...

Surface itu dari bahasa inggris, yang berarti Permukaan. Atau Latar yang dapat lebih dipahami.

Permukaan atau Latar yang dimaksudkan disini adalah sebuah Permukaan yang dapat kita atur sesuai kegunaan dari Surface tersebut..

sama seperti Sprite.. lalu apa bedanya?,, Sprite (dalam individual, atau itu sendiri) hanya dapat menampilkan Gambar atau Animasi yang sudah kita set sebelumnya.. (sudah tahu kan?)... lalu apa bedanya dengan Surface?

Surface (dalam individual juga) dapat menampilkan sebuah hasil Menggambar, yang sudah digambar sebelumnya, dengan begitu hasil Menggambar tersebut dapat diubah kapan pun.. karena sistem nya , Surface ini seperti Canvas.. dan proses penggambaran disurface itu sendiri adalah tiban meniban , atau timpa menimpa (warna ataupun gambar)..


seperti layak nya mewarnai dengan aplikasi Paint ^_^

dan aksi combine/ tiban-meniban dalam surface ini bisa dilakukan terus menerus , tidak dibatasi dalam 1 step.. sehingga hal inilah yang membedakan Surface dengan sprite :) ..

Secara basic/dasar , Surface ini hal yang harus dilakukan dahulu adalah mendeklarasikan variable/ nama surface nya..



nama_surface=surface_create(100,100)

sebagai contoh disini saya membuat Surface dengan width dan height 100 ^_^ .. (nama_surface is "surface_name" in bahasa indonesia) dan untuk melukis/menggambar pada surface yang sudah dibuat tadi , maka kita bisa menulis seperti script dibawah :

surface_set_target(nama_surface)
// script drawing : bisa kamu isi dengan gambar 
//(seperti menggambar pada event draw)
surface_reset_target()

surface_set_target() berguna untuk memulai dalam penggambaran atau penibanan gambar , ini bisa dilakukan dimana saja...

Dan ini lebih baik dilakukan sekali (jika sesuatu yang dilukis sama).. sebab sama seperti menulis.. saat kita menulis "A" pada kertas, maka 1 detik dan terus menerus tulisan "A" akan selalu ada dikertas tersebut.. begitulah gambaran simple tentang Surface ini ^_^ ..

surface_reset_target() berguna untuk menghentikan penggambaran, ini artinya kita sudah selesai menggambar atau meniban dengan gambar pada surface .. dan tenang saja , sebab arti kata selesai yang dimaksud bukan berarti surface sudah tidak dapat ditiban lagi, tetapi ini hanya untuk mengehentikan sementara... yaitu agar tidak mengganggu script-script lain karena kita sudah menulis surface_set_target() sebelumnya..

dan, tentu saja surface ini seperti Sprite dalam melakukan draw pada room, bedanya Surface didraw tidak menggunakan draw_sprite() ,, tetapi menggunakan draw_surface()..
dan perhatikan juga, sebab draw_surface() dilakukan sama seperti draw_sprite() di event Draw.

draw_surface(nama_surface,0,0)

Maksud diatas adalah saya mendraw surface dengan nama nama_surface dan diletakan di (0,0) pada room.

Oke , semoga tutorial kali ini berguna dan bermanfaat... silahkan komentar untuk bertanya tentang materi ini... untuk menguasai dalam menggunakan Surface ini, silakan tunggu posting selanjutnya.. ^_^
READ MORE - Game Maker : All about Surface Function [Indonesia]

Senin, 19 Mei 2014

Game Maker : draw_sprite() Function [Indonesia]

0 komentar
Hallo , kali ini saya akan menjelaskan function draw_sprite() di Game Maker dengan bahasa indonesia. dari namanya ,kalian pasti sudah tahu apa kegunaannya.

"draw" yang artinya gambar (bukan 'seri' ^_^) dan "sprite" yang artinya sprite.

dengan begitu kegunaan function draw_sprite() adalah menggambar sprite ^_^.
Tapi bagaimana cara menggunakannya?
Disini lah saya akan menjelaskan cara menggunakannya ^_^


draw_sprite(sprite,subimg,x,y);

Parameter :
  • sprite = nama sprite yang ingin di-draw/digambar (integer) ,
  • subimg = nomor index dari sprite , ini lebih digunakan untuk sprite yang memiliki beberapa frames, jika sprite hanya memiliki 1 frame, maka valuenya adalah 0 (int),
  • x = letak kordinat x gambar pada room, dan
  • y = letak kordinat y gambar pada room.
draw_sprite(walkleft_spr,0,100,100)

maksud dari function diatas adalah kita ingin menggambar sprite walkleft_spr di kordinat room (100,100)

Sub Image / subimg

Dulu waktu saya pertama kali menggunakan draw_sprite() hal yang saya sangat tidak memperdulikan adalah parameter subimg ini, pada saat itu saya tidak pernah mengeksploitasi kegunaan subimg , padahal subimg ini sangat berguna pada sprite animasi. jika Game Maker meminta value dari subimg , saya selalu tulis '0'. karena menurut saya memang harus 0.
Tetapi saya salah, subimg ini mempengaruhi tampilan sang sprite, jika sprite memiliki lebih dari 1 frame, maka subimg harus dapat kita isi dengan benar , sebab draw_sprite() akan men-draw/menggambar frame pertama atau kedua, itu menurut value dari subimg.
seperti contoh pada engine berikut :

5 FPS; (fps=5)
subimg = 0
disini saya menggunakan sprite dengan 4 gambar :
1. gambar warna merah,
2. gambar warna kuning,
3. gambar warna hijau,
4. gambar warna biru.

dan 4 gambar itu adalah frames pada sprite yang saling berurutan.
kalian dapat melihat hasil gambar jika subimg nya diubah,
Dan catat juga, jika value pada subimg adalah -1 , maka gambar tidak tetap pada frames itu, tapi berganti-gantian setiap step (ini berlaku untuk sprite yang memiliki frame lebih dari 1).
untuk itu image_index sangat berperan penting dalam menggambar sprite ber-animasi.


Umumnya di eksekusi dengan Draw Event

Yap, draw_sprite ini umumnya dieksekusi di Draw Event, karena function ini termasuk function drawing
dengan begitu jika Draw Event ada pada object maka gambar sprite_index akan hilang (tidak digambar) , dengan begitu agar imgind atau gambar asal object tidak hilang maka tulis script berikut di Draw Event.

// Script Lainnya

draw_sprite(sprite_index,image_index,x,y)

// Script Lainnya

Selesai

Oke , sudah selesai bukan penjelasan untuk Function draw_sprite() ?


Silahkan komentar atau bertanya mengenai function draw_sprite(), saya akan menjawabnya dengan tuntas ^_^
Good Luck~
READ MORE - Game Maker : draw_sprite() Function [Indonesia]

Game Maker Reference : Your First Step (Priority Step)

0 komentar
Selamat datang kawan sekalian...
kali ini saya akan memberitahukan awal yang harus kita lakukan untuk membuat Game di Game Maker, Apakah kawan-kawan sekalian mempunyai Game Maker?.

Untuk yang belum punya silahkan klik disini untuk download (bebas earn link). Oke, bagi kalian semua sudah siap dengan Game Maker di Dekstop.

apakah timbul pertanyaan-pertanyaan saat pertama kali membuka game maker ,seperti :
  • Saat saya sudah membuka Game Maker, apa yang harus saya lakukan untuk membuat Game?
  • Apa langkah yang harus dilakukan untuk membuat Game di Game Maker?
  • Apa ada yang harus dilakukan untuk memulai membuat Game di Game Maker?
  • Apa itu Object, Sprite, dan Room?

Disinilah saya akan menjelaskan langkah-langkah atau keharusan yang dilakukan saat membuat Game di Game Maker. Pertama-tama saya akan menjelaskan apa bagian-bagian dalam Game Maker :
  • Sprite
    Sprite adalah komponen gambar pada Game, hal-hal yang berbau pada Animasi atau pegambaran akan ditampung pada komponen ini.
  • Object
    Object adalah komponen yang melakukan Aksi pada Game, sebagai komponen yang berperan penting dalam Game, komponen ini harus digunakan dengan bijak dan tidak asal-asalan. Namun dengan begitu , komponen ini lebih sulit dipelajari daripada komponen lain.
  • Room
    Room adalah komponen yang digunakan sebagai wadah dalam game. layaknya Canvas untuk melukis, komponen ini berperan penting dalam penampilan dan pengaturan window Game. Jika tidak ada komponen ini dalam Game, maka saat Game di-run ,Game tidak akan menghasilkan apa-apa, sebab Canvas pada game itu tidak ada.
  • Background
    Background adalah komponen yang berpengaruh dalam tampilan visual pada Game, seperti namanya komponen ini lebih diasumsikan sebagai Background Visual saja, namun , dalam tingkat yang lebih tinggi (menjuru ke game 3D), komponen ini lebih berperan dari sebelumnya.
  • Sound
    Sound adalah komponen suara dalam game. hanya berperan dalam suara, namun sangat dibutuhkan dalam sebuah Game agar terbentuknya suasana.


Semakin jauhnya berkembangannya kemampuan dalam menggunakan Game Maker, maka semua komponen tersebut harus dipahami lebih lanjut.
Namun apa yang harus kita lakukan dalam mengawali membuat Game?

Seperti yang tertulis diatas, harusnya kita memahami saat membuat Game itu adalah seperti saat kita melukis.
hal yang harus kita tanyakan dari awal adalah , "Apa yang harus saya gambar", begitu juga dengan Game :
  • "Apa Game yang akan saya buat?" atau "Game seperti apa yang akan buat?"

Dengan begitu kita akan mempunyai sebuah target dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Dan seperti melukis tadi, hal kedua yang harus kita persiapkan adalah :
  • Sebuah Canvas
lalu apakah Canvas itu?, Yap... itulah Room,
Berarti yang harus kita persiapkan kedua adalah membuat Room.
Lalu ,seperti melukis ,hal yang kita lakukan selanjutnya adalah menggambar, menggambar adalah sebuah Aksi untuk mengisi sebuah Canvas yang kosong. Dengan begitu Prioritas ke-3 adalah membuat Sprite ,Background,Sound dan Object. Namun, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa Object adalah Komponen yang berperan penting dalam Game,
Oleh karena itu , kita akan melakukan :
  • Membuat Object sebagai hal yang selanjutnya dilakukan
Dan sisanya adalah kebutuhan, yaitu Sprite, Background, dan Sound. Kita memakai komponen-komponen tersebut sebagai kebutuhan, tidaklah diharuskan ada pada Game. dengan begitu :
  • Membuat Sprite, Background dan Sound, sebagai kebutuhan.
Oke dengan begitu, Penjelasan dalam memahami prioritas dalam membuat game telah selesai. Namun ini baru sampai penjelasan untuk memahami saja, Bagaimana dalam membuat Game langsung?
Klik disini untuk melakukan Tutorial My First Game ^_^

Semoga SUKSES!
READ MORE - Game Maker Reference : Your First Step (Priority Step)